Pengertian Digital Marketing
Pengertian digital marketing adalah upaya pemasaran produk dan jasa/layanan melalui media online atau Internet. Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional atau konvensional, metode digital ini lebih diminati karena return of investment (ROI) yang cukup tinggi. Dengan biaya murah, marketing jenis ini memberikan hasil memuaskan.
Serupa dengan metode pemasaran tradisional seperti melalui TV, radio, papan reklame, telepon, iklan di majalah atau koran, dan materi cetak seperti poster dan brosur. Digital marketing juga bertujuan meningkatkan visibilitas, tingkat paparan, dan kemudahan akses pelanggan dan prospek pelanggan ke bisnis Anda.Namun demikian, berbeda dengan pendahulunya tersebut, digital marketing menawarkan kemudahan dan fleksibilitas interaksi antara pelanggan atau calon pelanggan dan usaha Anda
Jenis Digital Marketing
1. Situs Online
Keberadaan situs online dapat membuktikan eksistensi bisnis Anda. Bukan hanya itu, calon pelanggan cenderung menilai keabsahan dan kelayakan suatu bisnis dari kualitas situs yang dimiliki. Kesan pertama pelanggan diperoleh dari penjelajahan situs Anda. Selain itu, situs online juga dapat digunakan sebagai alat bantu tim sales untuk meyakinkan calon pelanggan terkait produk dan layanan yang disediakan oleh bisnis Anda.
2. Media Sosial
Gratisnya pembuatan akun menyebabkan media sosial seperti Facebook dan Instagram menjadi media yang paling populer. Kemudahan pembuatan dan publikasi materi, didukung dengan basis pengikut dalam jumlah besar, mendongkrak efektivitas pemasaran melalui media tersebut.Yang harus secara berkala dipersiapkan adalah materi menarik untuk meningkatkan interaksi pengikut terhadap bisnis, produk, maupun layanan yang Anda tawarkan.
3. Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization (SEO) merupakan upaya meningkatkan kemungkinan agar tautan ke situs bisnis Anda muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google, misalnya. Bukan hanya di halaman pertama, spesialis SEO bahkan menargetkan agar situsnya menjadi urutan pertama atau teratas. Dengan itu, kemungkinan situs tersebut dibuka dan dibaca oleh calon pelanggan menjadi lebih tinggi.SEO dilakukan secara organik, yaitu dengan menyisipkan kata kunci yang relevan pada artikel tertentu di situs Anda.
4. Video Online
Video yang informatif, menarik, dan berkualitas dapat menjadi media yang efektif untuk menyampaikan atau meyakinkan calon pelanggan terhadap kualitas bisnis, produk, dan layanan Anda. Video dapat ditayangkan melalui situs, media sosial, maupun platform video online seperti YouTube. Metadata dengan kata kunci yang relevan pun dapat dilekatkan pada video online sebagai salah satu strategi SEO.
5. Afiliasi/Iklan Online
Pemasaran secara afiliasi memanfaatkan popularitas rekanan untuk meningkatkan pemasaran bisnis, produk, dan layanan Anda. Pemasangan iklan, artikel, atau video pada situs, blog, maupun media sosial yang tepercaya dan memiliki banyak pengikut merupakan metode efektif untuk meningkatkan paparan terhadap bisnis Anda. Rekanan afiliasi biasanya memperoleh bayaran atas setiap referensi pelanggan yang diberikan.
6. Pay-per-Click (PPC)
Metode Pay-per-Click (PPC), atau bayar per klik, memastikan situs Anda unggul di antara situs-situs lain dengan kata kunci pencarian yang sama. Google Ads merupakan salah satu contoh penyedia layanan ini. Namun demikian, media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn pun saat ini sudah menyediakan PPC sebagai sarana pemasaran bisnis yang dapat dipertimbangkan.
Ada 5 ( lima ) Prospek Kerja Digital Marketing
- Investasi Terbaik adalah Investasi Ilmu
- Saat ini, penguasaan ilmu komputer sangat bermanfaat untuk menunjang karir dan pekerjaaanmu
- Yuk Belajar Komputer di Kursus Komputer YMII Cileungsi
- Bisa Online atau Offline
- 1 Pengajar 1 Peserta (Privat)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar