- Memahami warna
warna adalah bagaimana kita merasakan cahaya. Cahaya mungkin memantulkan, mengirimkan,
diffracted, atau memancarkan. Kita melihat hanya suatu bagian kecil dari electromagnetic spectrum. Bagian kecil ini sering disebut visible spectrum. Kita melihat semua cahaya sebab cahaya digambarkan sebagai bagian dari spectrum elektromagnetik yang dapat kita lihat. Model warna mencoba untuk menguraikan warna yang kita lihat dan bekerja dengannya. Masing-masing model warna menghadirkan suatu metode yang berbeda untuk mendefinisikan dan menggolongkannya. Semua model warna menggunakan nilai numberik untuk mewakili visible spectrum dari warna.
Range warna dapat diproduksi menggunakan model warna tertentu, seperti RGB atau CMYK, yang merupakan suatu color space. Model warna lain adalah HSL,HSB,Lab, dan XYZ.
Suatu model warna menentukan hubungan antara nilai-nilai, sementara color space didefinisikan sebagai pemutlakan arti dari nilai-nilai itu sebagai warna. Beberapa model warna mempunyai color space di tetapkan (seperti lab dan XYZ) sebab mereka menghubungkan secara langsung cara merasakan warna kepada manusia. Model ini diuraikan sebagai device independent. Model warna lain (RGB,HSL,HSB,CMYK, dan sebagainya)dapat mempunyai banyak color space yang berbeda sebab model ini berbeda menurut masing-masing color space atau alat yang dihubungkan. Mereka diuraikan sebagai device dependent.
Sebagai contoh, mdel warna RGB mempunyai banyak color space RGB,seperti ColorMatch,Adobe RGB,sRGB, dan ProPhoto RGB. Kita dapat mengambil nilai-nilai RGB yang sama (R=220, B=230, dan G=5) dan menugaskan profil menguraikan color space RGB yang berbeda. Warna akan terlihat berbeda pada setiap color, tetapi nilai numberik dan model akan tetap sama.
Model warna yang sering digunakan didalam editorial grafik adalah HASB,CMYK,RGB, Lab.
1. Model HSB
HSB adalah suatu model warna yang sedikit banyk dapat disamakan dengan sistem Munsell dari hue,value, dan chroma di dalam menggunakan tiga poros serupa untuk mendefinisikan suatu warna. HSB diperoleh dari color space RGB dan device dependent color space. Di dalam HSB, ketiga karakteristik pokok dari warna adalah:
Hue adalah warna yang dipantulkan dari atau memancarkan melalui suatu objek. Itu diukur sebagai lokasi pada standar color wheel, yang dinyatakan dalam tingkat antara 0 drajat sampai 360 derajat.Pada umumnya hue dikenali dengan nama dari warna seperti merah,orange,atau hijau.
Saturation, kadang-kadang disebut chroma, adalah kemurnian atau kekuatan dari warna. Saturation menghadirkan jumlah kelabu sebanding dengan hue, mengukur persentase dari 0% (kelabu) sampai 100% (yang dipenuhi). Pada standard color wheel, saturation meningkat dari pusat ke tepi.
Brightness adalah keterangan relatif atau kegelapan dari warna, pada umumnya diukur dalam persentase dari 0% (hitam) ke 1000/0 (putih).
2. Model RGB
Persentase besar dari visible spectrum dapat diwakili dengan pencampuran merah, hijau, dan biru diwarnai cahaya dalam berbagai intensitas dan proporsi di mana colors overlap menciptakan warna sekunder --cyan, magenta, kuning--dan putih.
warna RGB juga disebut Additive colors. Additive colors diciptakan dengan pencampuran cahaya spektral di dalam kombinasi yang bermacam-macam. Menambahkan semua warna secara bersama-sama akan menciptakan warna putih, di mana semua panjang gelombang kelihatan dipancarkan kembali ke rnata. Additive colors digunakan untuk lighting, video, dan monitor. Monitor, sebagai contoh, menciptakan warna dengan memancarkan cahaya melalui merah, hijau, dan biru fosfor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar